Cara Upload Video ke Youtube

Posted on

Cara upload video ke Youtube sangat mudah, bahkan lebih mudah dibanding cara membuat channel Youtube itu sendiri.

Yang sulit adalah membuat video yang menarik, disukai pengunjung, dan menghasilkan banyak uang.

Semua orang kenal Youtube. Situs berbagi video ini tak lagi menjadi alternatif selain televisi, faktanya bisa dikatakan Youtube sudah mengambil alih peran televisi.

Ini cukup beralasan sebab jutaan channel di Youtube menyajikan conten hiburan beragam. Mulai video klip music, trailer film, video edukasi, dan masih banyak lagi konten-konten menarik lainnya.

Konten video yang diunggah di Youtube dapat ditonton oleh orang di seluruh di dunia. Bagi pemilik channel Youtube sendiri, situs ini tak hanya wadah unjuk kreativitas namun juga menjadi ladang uang bagi mereka.

Caranya tentu saja dengan memasang AdSense atau bekerjasama dengan pengiklan.

Namun sebelumnya kalian perlu mempelajari bagaimana caranya upload video ke Youtube kemudian me-monetize-nya agar menghasilkan uang.

Setidaknya ada dua cara yang bisa dilakukan untuk meng-upload video ke Youtube, yaitu melalui PC/laptop dan melalui hp Android.

Penjelasan detailnya mari kita bahas lebih lanjut.

Cara Upload Video ke Youtube Lewat Laptop/PC

Sebelum upload video ke Youtube kalian harus punya akun Google terlebih dulu. Mengapa harus Google? Karena hingga saat ini Youtube masih berintegrasi dengan Google.

Jika sudah memiliki akun Google (email dan password) silakan masuk ke Youtube melalui menu login (pojok kanan atas layar PC).

Video tidak bisa di-upload jika kalian belum punya channel di Youtube. Jadi kalian harus membuat channel Youtube terlebih dulu.

Kembali ke cara upload video di Youtube, untuk unggah video ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Masuk ke Youtube, klik pada ikon video lalu klik upload video
  2. Lalu pilih opsi apakah video hanya untuk pribadi atau untuk publik, lalu klik tanda panah merah ke atas.
  3. Selanjutnya pilih video yang akan kalian upload.
  4. Ketika video di-upload, kalian juga bisa mengedit informasi dasar video yang diunggah, sekaligus pilihan apakah ingin mengirimkan notifikasi ke subscriber atau tidak.
  5. Untuk membuat judul video yang kalian unggah dibatasi hingga 100 karakter sedangkan pada bagian deskripsi tersedia 5000 karakter.
  6. Setelah itu kalian juga bisa menyesuaikan pengaturan monetisasi. Selesaikan proses upload video ke Youtube dengan klik “Publish” lalu klik “Selesai”.
  7. Jika tidak meng-klik “Publish” maka video yang kalian upload tidak bisa dilihat oleh orang lain. Video yang sudah diunggah bisa dipublikasikan kapan saja melalui Pengelola Video.
cara upload video ke youtube
cara upload video di youtube lewat laptop
cara upload video di youtube lewat pc

Cara Upload Video ke Youtube via Ponsel

Cara kedua ini hampir sama dengan cara upload video ke Youtube via PC. Cukup menggunakan akun Google untuk login dan membuat channel Youtube.

Di smartphone biasanya aplikasi Youtube secara otomatis tersinkronisasi dengan akun Google, tentunya setelah sebelumnya mendaftarkan akun Google tersebut di smartphone kalian.

  • Di halaman beranda atau halaman navigasi mana saja terdapat ikon kamera dibagian kanan atas.
cara upload video ke youtub lewat hp
  • Tap ikon tersebut untuk memulai upload video. Mulailah merekam atau memilih video yang sudah ada di ponsel.
cara upload video ke youtub lewat hp android
  • Berikutnya kalian bisa menyesuaikan judul video, deskripsi maupun setelan privasi video.
cara upload video ke youtub lewat hp tanpa aplikasi
  • Sama seperti di PC, di smartphone juga tersedia maksimal 100 karakter untuk judul dan 5000 karakter untuk deskripsi.
  • Cara upload video ke Youtube lewat hp ini juga bisa mengatur jenis koneksivitas. Caranya tap “Setelan” lalu pilih “Umum” lalu “Upload”. Pengaturan ini juga memungkinkan kalian mengupload video hanya melalui jaringan Wi-Fi saja.

Adakalanya Youtube akan mengupload pada saat kalian masih merekam video. Meski begitu Youtube tidak akan mempublikasikan video tersebut tanpa persetujuan kalian.

Sama seperti di PC, video yang diupload baru bisa dilihat orang lain ketika kalian klik “Publish”.

[su_note note_color=”#f4f4f3″]Baca Juga: Cara Download Video Youtube[/su_note]

Demikian tutorial upload video ke Youtube baik melalui PC ataupun HP. Jika kalian sudah bisa, bijaklah dalam mengupload video-video ke Youtube. Hindari konten yang mengandung sara dan konten negatif.