7 Cara Reset Asus Zenfone All Tipe (Go, 2, 5, Max, Dll) Cepat

Posted on

Bagi yang menggunakan ponsel Asus Zenfone, tidak sedikit yang bingung bagaimana menggunakan ponsel yang benar. Terutama saat ingin reset ponsel masing-masing. Sebenarnya cara reset asus Zenfone itu sangat mudah dan tidak memakan waktu yang lama.

Bahkan pengguna tidak memerlukan keahlian khusus untuk memulai reset Asus Zenfone tersebut. Bagi yang ingin tahu cara reset ponsel Asus Zenfone mudah dan cepat, artikel ini sangat pas karena akan membahas hal tersebut. Simak saja ulasan berikut hingga selesai.

Penyebab Asus Zenfone Harus Direset

Factory Reset atau reset saja adalah cara supaya ponsel bisa diubah kembali ke pengaturan asli dari pabrik. Atau kata yang paling mudah, ponsel pengguna akan direset supaya kembali seperti halnya pengguna saat membeli ponsel baru tersebut.

Ada beberapa penyebab kenapa Asus Zenfone harus direset agar kembali ke pengaturan semula. Apa saja penyebabnya? Simak saja ulasan berikut

1. Memasang aplikasi sembarangan

Memasang-aplikasi-sembarangan

Memasang aplikasi secara sembarangan, entah berbayar atau gratis ternyata beresiko membuat ponsel harus direset. Pasalnya semua aplikasi sering terjadi crash. Jadi, dengan adanya tabrakan code apk membuat hardware dan software rusak dan akhirnya harus direset agar kembali normal.

2. Terlalu banyak menggunakan aplikasi

Terlalu-banyak-menggunakan-aplikasi

Bagi pengguna smartphone, terutama Asus Zenfone 6 atau tipe lain pastinya menggunakan aplikasi untuk menunjang semua kebutuhannya. Sayangnya, terlalu banyak menggunakan aplikasi juga berbahaya. Jadi lebih bijaklah saat menggunakan aplikasi supaya nanti ponsel tidak harus direset.

3. Root

Root

Root adalah kebiasaan yang paling sering dilakukan oleh pengguna android. Bagi yang sudah melakukan root, cara reset Asus Zenfone 5 atau all tipe lainnya harus diketahui sesegera mungkin jika ada masalah. Pasalnya, tidak semua ponsel root bagus dan memiliki dampak positif untuk ponsel tersebut.

4. Kualitas baterai yang buruk

Kualitas-baterai-yang-buruk

Baterai juga mempengaruhi performa smartphone pengguna. Jika performa baterai bagus, tentu saja performa smartphone juga bagus. Sayangnya, banyak ponsel yang harus diroot karena masalah kualitas baterai yang buruk dan tidak semestinya.

5. Bootloop

Bootloop

Bootloop adalah salah satu gangguan yang paling sering terjadi di semua ponsel, termasuk Asus Zenfone. Bootloop adalah proses booting yang hanya sampai logo smartphone saja. jika hal ini terjadi, maka cara reset ponsel Zenfone harus segera diketahui mulai sekarang.

 

7 Cara Reset Asus Zenfone All Tipe

Setelah mengetahui apa saja penyebab Asus Zenfone perlu direset, sekarang beralih ke cara reset Asus Zenfone. Secara umum, semua Asus Zenfone memiliki cara reset yang hampir sama. Jadi pengguna pemula yang mau mencobanya tidak usah khawatir sedikipun.

Sebelum melakukan reset, ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan. Pertama, usahakan smartphone memiliki baterai yang full atau setidaknya di atas 50% agar nanti ponsel tidak gangguan saat di reset.

Bukan hanya itu, pastikan jika smartphone yang digunakan sudah diback up semua data. Pasalnya saat melakukan reset, entah factory reset atau hard reset, semua data yang tersimpan biasanya akan hilang. Bagi yang penasaran, simak cara reset Asus Max Pro dan Asus Zenfone berikut:

  • Cara pertama, pastikan masuk ke setelan ponsel masing-masing.
  • Cari sub menu yang bernama buat cadangan dan setel ulang pada perangkat yang digunakan

buat-cadangan-dan-setel-ulang-asus-zenfone

  • Berikutnya pilih menu yang bertuliskan kembalikan ke setelan pabrik untuk memulai reset.

kembalikan-ke-setelan-pabrik-asus-zenfone

  • Bagi yang ponselnya masih tertancap SD card, pastikan memorinya sudah dilepaskan terlebih dahulu. Atau juga bisa mencentang pilihan hapus kartu SD supaya memori tidak ikut terformat ketika kita melakukan reset smartphone Asus Zenfone.

hapus-data-asus-zenfone

  • Berikutnya tap di tombol pilihan setel ulang telepon agar bisa memulai proses reset berikutnya
  • Masukkan empat kode yang telah disediakan pada kontak. Nantinya akan muncul perintah hapus semua. Tap saja agar reset perangkat bisa dimulai langsung saat itu.
  • Tunggu hingga smartphone mulai direset dan nantinya ponsel akan melakukan reboot secara otomatis. Cara reset asus zen fone 2 sudah selesai dilakukan.

7 cara reset yang sudah dibahas di atas adalah cara yang memungkinkan perangkat masih bisa digunakan. Maksudnya, pengguna masih bisa masuk ke tampilan awal smartphone. Cara reset tersebut berlaku untuk semua tipe Asus Zenfone sehingga bisa disesuaikan dengan perangkat masing-masing.

 

Cara Mudah Reset Asus Zenfone Tanpa Masuk Ke Homescreen Ponsel

Hard reset adalah salah satu cara reset terbaik bagi yang ponselnya sudah tidak bisa dibuka lagi. Cara reset ini cocok dilakukan bagi yang ponselnya sudah bootloop. Cara reset ini cocok bagi yang ingin tetap selfie dengan kamera Asus Zenfone yang memang terkenal cukup ampuh.

wipe-data-asus-zenfone-all-type

Perlu diketahui bahwa di Youtube ada banyak cara atau tutorial secara live yang bisa digunakan. Khususnya bagi yang memang belum pernah mencoba cara reset ini. Sebelum memulai cara reset, pastikan baterai masih full karena cara ini memakan waktu yang cukup lama. Berikut cara resetnya:

1. Asus Zenfone 2

Asus-Zenfone-2

  1. Tekan dan tahan tombol power up dan power bersamaan beberapa detik. Tunggu hingga perangkat bergetar yang menandakan bahwa ponsel sudah masuk ke menu yang diinginkan. Kemudian lepaskan tombol power dan tetap menekan volume up agar masuk ke mode fastboat. Setelah itu lepaskan tombol volume up pada perangkat./
  2. Cari dan tap menu recovery mode pada perangkat. Pengguna bisa memakai tombol volume untuk arah atau navigasi. Atau bisa tekan yes dengan menekan tombol power.
  3. Selanjutnya pilih menu wipe data atau factory reset
  4. Berikutnya tunggu hingga proses hard reset pada Asus Zenfone 2 ini selesai dilakukan.
  5. Berikutnya restart smartphone dan selesai proses reset untuk asus Zenfone 2 ini.
  6. Perlu diketahui bahwa cara reset asus zen fone go juga sama dengan cara reset smartphone Asus Zenfone 2.

2. Asus Zenfone 4

Asus-Zenfone-4

  1. Cara reset asus Zenfone 4 sebenarnya juga hampir sama dengan sebelumnya. Pertama, pengguna tinggal menekan dan menahan tombol power dan volume up bersamaan hingga masuk ke menu recovery untuk melanjutkan proses reset ponsel.
  2. Berikutnya, pengguna tinggal memilih menu factory reset agar bisa mereset ponsel. Gunakan volume up dan down untuk navigasi. Gunakan juga tombol power untuk memilih menu yang diinginkan dari menu yang tersedia.
  3. Tunggu beberapa saat hingga ponsel melakukan reset dengan sendirinya. Jika berhasil, perangkat akan melakukan restart secara otomatis.

3. Asus Zenfone 5

Asus-Zenfone-5

  1. Asus Zenfone 5 juga bisa direset sendiri di rumah bagi yang ingin melakukannya. Cara untuk melakukannya tidak terlalu sulit dilakukan. Pengguna hanya perlu menekan dan menahan tombol volume up dan tombol power secara bersamaan beberapa saat. Setelah menu recovery muncul, barulah pengguna melepaskan tombol tersebut.
  2. Pengguna bisa memilih menu factory reset yang tersedia di tampilan berikutnya. Gunakan power untuk memilih menu dan tombol up serta down untuk navigasi ke menu yang diinginkan.
  3. Setelah itu, ponsel bakal mereset sendiri. Pengguna tinggal menunggu perangkat selesai melakukan reset saja.
  4. Bagi yang ponselnya tidak mereset ponsel, pastikan melakukan reset manual saja.

4. Asus Zenfone 6

Asus-Zenfone-6

  1. Ponsel Asus berikutnya yang bisa direset adalah Zenfone 6. Ponsel yang satu ini cukup populer karena banyak digunakan. Bagi yang mau meresetnya, caranya hampir sama dengan sebelumnya. Langkah pertama tekan tombol up dan power bersamaan hingga beberapa detik.
  2. Lepaskan tombol tersebut jika sudah ada menu recovery yang ada di tampilan ponsel
  3. Pilihlah menu factory reset di tampilan tersebut
  4. Pilh menu wipe data atau factory reset pada ponsel
  5. Pilih yes delete all user data
  6. Ponsel berikutnya akan melakukan reset secara otomatis. Pengguna hanya perlu menunggu reset smartphone saja.

5. Asus Zenfone C

Asus-Zenfone-C

  1. Cara reset ponsel ini tidak jauh beda dengan Asus Zenfone 6. Pertama, tekan volume up dan power bersamaan hingga muncul menu recovery pada ponsel
  2. Pilih menu recovery mode yang ada di tampilan tersebut
  3. Pada ponsel, pilih menu wipe data/factory reset
  4. Berikutnya pilihlah menu yes-delete all user data
  5. Tunggu hingga proses reset selesai dilakukan.

 

Cara reset Asus Zenfone all tipe pada umumnya hampir sama. Meskipun demikian, ada baiknya mengenali setiap tipe dengan baik supaya tidak keliru saat melakukan reset. Semoga cara reset tersebut berhasil mengatasi masalah pada smartphone.

 

Lihat Juga :

  1. 5 Cara Custom ROM Samsung Galaxy J2 Prime (Berhasil)
  2. 9 Daftar Kode Rahasia Paket Internet Telkomsel Murah Terbaru

  3. 7 Cara Reset Hp Vivo Ke Pengaturan Pabrik (Semua Tipe) Cepat

  4. 10 Cara Unlock Bootloader Xiaomi Sendiri (Gampang)

  5. 7 Cara Download Lagu MP3 dari Youtube di Hp dan PC

  6. Daftar Ukuran Foto 2R 3R 4R 5R 6R 8R 10R 30R 2×3 3×4 Dll