4 Cara Membuka HP Oppo A3S Yang Lupa Pola Dan Password

Posted on

Punya masalah pada HP Oppo A3S yang tidak bisa dibuka karena lupa password dan pola? Tenang saja karena ada cara membuka HP Oppo A3S yang terkunci. Terapkan saja cara ini dengan benar. Caranya tidak terlalu sulit karena dibuat secara tutorial sehingga bisa diikuti dengan begitu mudah.

Kesalahan berupa lupa pola atau lupa password akan sangat menyebalkan saat kondisi darurat. Padahal password dibutuhkan untuk keamanan ponsel agar tidak terganggu privasinya. Lantas bagaimana cara agar HP Oppo A3S yang lupa password bisa dibuka kembali? Simak ulasannya berikut.

4 Cara Membuka HP Oppo A3S Yang Lupa Pola Dan Password

Lupa password adalah pengalaman yang sangat tidak mengenakan. Pasti diantara kita banyak yang pernah mengalaminya. Namun tenang karena ada banyak cara untuk membuka HP Oppo yang terkunci karena lupa pola sandi atau masalah lainnya.

Cara tersebut bisa diterapkan satu per satu jika cara satu tidak berhasil. Namun ingat, pastikan sudah tahu resiko saat menerapkan cara yang ingin digunakan. Berikut cara sekaligus tutorialnya:

1. Via forgot password

Via-forgot-password

Bisa disebut jika cara ini paling mudah dibanding cara lainnya. Cara membuka HP Oppo A3S yang terkunci ini tidak memakan banyak waktu juga. Berikut langkahnya:

  1. Pertama, buka layar terkunci pada smartphone Oppo A3S dengan password bebas atau asal-asalan. Lakukan langkah tersebut berulang kali hingga HP menyadari jika pemiliknya sedang ada masalah karena lupa password. Nantinya muncul menu tambahan seperti lupa sandi atau forgot password.
  2. Klik atau plih menu lupa password Di menu yang ditampilkan berikutnya, pengguna diminta mengisikan info seputar detail login menggunakan email aktif yang harus diisikan ketika membuka pola password di HP Oppo A3S ini.
  3. Apabila login berhasil, pengguna diminta untuk memasukkan password baru untuk menggantikan password yang lama.
  4. Dari sini, ponsel sudah bisa dibuka kembali dengan password baru tersebut. jangan sampai lupa lagi karena harus mengulangi langkahnya kembali.

Cara pertama membuka HP Oppo yang terkunci ini tidak memakan banyak waktu. Hanya saja pengguna harus memiliki email aktif supaya bisa mengubah password. Jadi pastikan email yang digunakan benar-benar valid supaya bisa membuka kembali hpnya.

2. Via Panggilan Telepon

Via-Panggilan-Telepon

Bagi yang memiliki masalah cara pertama tidak berhasil karena tidak memiliki akses internet, cara membuka HP Oppo A3S dengan ketukan ini bisa dicoba. Pengguna tinggal menggunakan akses panggilan telepon untuk membuka HP Oppo A3S yang lupa polanya. Simak ulasannya berikut

  1. Pertama, pinjam ponsel milik teman, kerabat atau siapapun yang ada di sekeliling. Silahkan masukkan nomor telepon pribadi untuk melakukan pemanggilan via telepon.
  2. Tentu di ponsel HP Oppo A3S nanti akan muncul panggilan telepon yang masuk. Biarkan saja panggilan tersebut atau bisa juga mengangkat panggilan tadi. Jangan lupa untuk menekan tombol home di ponsel Oppo A3S agar HP yang lupa kata sandi bisa dibuka kembali.
  3. Selanjutnya pergi ke menu setting atau pengaturan pada ponsel dan aktifkan koneksi internet. Bisa berupa koneksi data ataupun Wifi.
  4. Saat koneksi internet sudah aktif, ulangi cara sebelumnya karena pasti sudah bisa membukanya.

Cara kedua ini juga tidak terlalu sulit. Untuk mencobanya, pastikan hafal dengan nomor telepon. Pasalnya tidak sedikit orang yang malah tidak hafal nomor teleponnya sendiri. Selain itu, pastikan teman yang dmintai tolong juga memiliki pulsa atau koneksi data agar bisa melakukan panggilan telepon.

Cara membuka HP Oppo A3S lupa pola sandi kedua ini tidak bisa langsung dilakukan. Pasalnya membutuhkan cara yang sebelumnya sudah dibahas. Jadikan cara ini sebagai alternatif tambahan jika cara lain tidak berhasil untuk membuka password.

3. Via Google Find My Device

Cara sebelumnya gagal? Tenang karena ada cara lain yang bisa dicoba untuk membuka password pada ponsel. Cara membuka HP Oppo A3S lupa password berikutnya adalah memanfaatkan fitur Google Find My Device.

Cara ini tidak memakan banyak waktu tapi tingkat kesulitannya lebih dibanding cara-cara sebelumnya. Dengan memanfaatkan fiturnya, pengguna bisa mengubah kata sandi baru saat lupa pada ponsel Oppo A3S.

Bukan hanya itu saja, ponsel juga bisa dibunyikan dari jarak jauh. Trik ini cocok bagi yang ponselnya hilang atau dicuri oleh orang lain. Bagi yang ingin mencoba, silahkan langsung ikuti cara berikut:

Google-Find-Device

  • Pertama, buka situs: https://www.google.com/android/find melalui perangkat apa saja, baik ponsel, komputer ataupun laptop
  • Setelah masuk ke situs tersebut, masukkan kredensial akun Google yang sudah dimiliki sebelumnya

Buka-Akun-Google

  • Dari sini, semua perangkat yang terdaftar dan terhubung dengan akun Google tersebut akan ditampilkan semuanya. Baik akun FB, Twitter, Google atau akun lainnya.

Pilih-Temukan-Perangkat-Oppo-A3s

  • Pilih saja mana perangkat yang diinginkan berdasarkan akun tersebut. Saat memilih perangkat yang dinginkan, ada beberapa pilihan yang bisa digunakan. Pilihan tersebut mencangkup hapus, dering atau kunci
  • Setiap pilihan tersebut mempunyai fungsi yang berbeda-beda. Sebut saja seperti hapus untuk menghapus akun yang terhubung di ponsel. Dering untuk membunyikan perangkat jarak jauh. Kunci yang biasanya digunakan untuk mengubah kata kunci saat lupa kata sandi.
  • Selanjutnya, pilih opsi Hapus Perangkat sehingga memungkinkan pengguna bisa mengubah kata sandi yang lupa pada ponsel Oppo A3S

Hapus-Perangkat-Oppo-A3s

  • Berikutnya, proses akan berjalan. Nyalakan kembali HP Oppo A3S, kemudian settingannya akan kembali ke awal seperti baru.
  • Setelah itu, setting HP Oppo A3S mu seperti awal membeli.

HP-Oppo-Kembali-ke-Pengaturan-Awal

Cara ini memang menjadi alternatif terbaik bagi cara yang sebelumnya sudah gagal. Untuk menerapkan cara ini, pastikan mengingat akun Google yang sudah didaftarkan pada HP. Jika tidak, cara ini tidak akan bisa digunakan.

4. Via Recovery Reset

Cara membuka HP Oppo A3S lupa pin berikutnya bisa dengan recovery reset. Cara ini memang agak rumit tapi peluang berhasil lebih besar dibanding sebelumnya. Selain itu, cara ini juga membutuhkan keahlian dibanding cara sebelum-sebelumnya.

Jadi tidak heran banyak yang menyarankan untuk membawa ke tempat service terlebih dahulu. Bagi yang tidak punya uang atau tidak mau menghamburkan uang, buka HP Oppo terkunci berikut dengan tutorial ini. Bagi yang ingin mencobanya, berikut caranya;

  • Pastikan ponsel A3S memiliki baterai yang bagus untuk menerapkan cara ini. Setidaknya baterai ponsel harus berada di atas 50% agar prosesnya tidak gagal.
  • Matikan seperti biasa ponsel A3S yang dimiliki sebelum membuka ponsel.

Via-Recovery-Reset

  • Setelah ponsel dimatikan, tekan tombol power + tombol bawah agak lama secara bersamaan. Jangan sampai terlepas hingga muncul logo Oppo.
  • Pastikan ponsel berada pada mode Recovery bukan di tampilan homescreen seperti biasa
  • Pilih menu bertuliskan wipe data & cache. Berikutnya pilih menu delete user or data

Recovery-Wipe-Data-and-Cache

  • Berikutnya tinggal menunggu proses tersebut selesai. Saat prosesnya telah selesai, pilih menu reboot system now
  • Tunggu sampai booting pada ponsel selesai dilakukan
  • Setelah berhasil booting dengan sempurna, pengguna tidak dimintai password atau kata sandi saat masuk ke ponsel Oppo A3S.

Perlu diketahui bahwa cara ini tergolong lebih ekstream dibanding cara sebelumnya. Pasalnya saat menerapkan cara ini, semua data yang ada di memory internal biasanya akan ikut terhapus. Sebut saja seperti foto, aplikasi, kontak telepon dan data lainnya.

Jadi sebelum menerapkan cara buka Oppo A3S lupa kata sandi ini, pastikan semua data sudah terback up. Cara ini bisa menjadi cara alternatif terakhir apabila cara lainnya tidak berhasil atau gagal. Pastikan melakukannya dengan baik supaya ponsel tidak terkena resikonya.

Cara membuka HP Oppo A3S yang terkunci sudah dibahas, dan dicoba satu per satu supaya masalah lupa kata sandi bisa terselesaikan dengan baik. Meskipun menjadi permasalahan yang wajar, tetap saja selalu hati-hati dan tetap teliti ya!

 

Lihat Juga :

  1. 9 Kumpulan Tema Premium Realme dan Oppo Terbaru
  2. 4 Cara Menambah Bahasa Indonesia di Android Tanpa Root
  3. Download Resetter Canon MG2570 + Cara Reset Terbaru