Cara Memperkuat Sinyal WiFi

cara memperkuat sinyal wifi di pc

Bagi yang mengalami masalah dengan sinyal wifi yang kurang bagus, mungkin cara memperkuat sinyal WiFi pada artikel ini bisa membantu Anda.

Mungkin saat ini banyak orang yang pernah mengalami loading lama ketika sedang berselancar di dunia maya. Penyebabnya adalah karena sinyak wifi yang mereka gunakan lemah sehingga proses transfer data kurang maksimal.

Namun, ada beberapa cara untuk mengatasi masalah tersebut sehingga Anda tidak perlu khawatir lagi wifi Anda akan mengalami gangguan.

Berikut ini beberapa cara memperkuat sinyal WiFi yang bisa Anda lakukan di rumah maupun di kantor Anda.

Cara Memperkuat Sinyal Wifi Di PC

Ada beberapa cara memperkuat sinyal WiFi di PC yang bisa Anda gunakan agar tidak mengalami masalah saat tengah berselancar di dunia maya, atau sedang menonton video di situs yang menyediakan berbagai video menarik. Berikut penjelasan lengkapnya.

1. Mengubah Posisi Router

cara memperkuat sinyal wifi

Mengubah posisi router wifi bisa menjadi salah satu solusi agar sinyal wifi Anda tidak mengalami masalah.

Sama seperti halnya saat Anda mencari sinyal di handphone. Berikut langkah-langkahnya.

  • Coba Anda letakkan router WiFi pada tempat yang lebih terbuka agar memaksimalkan penyebaran dari sinyal di dalam sebuah ruangan. Jangan pernah meletakkan router Wifi pada tempat yang memang memiliki begitu banyak penghalang, seperti halnya ujung ruangan, kolong meja, ataupun disimpan di dalam lemari buku, baju ataupun lainnya.
  • auhkan juga router langsung dari tanah ataupun sejajar dengan kaki kamu, karena memang material lantai memiliki kualitas yang kurang bagus untuk bisa menyebarkan sinyal WiFi ke semua penjuru ruangan. Lebih baik lagi, router bisa Anda letakkan pada posisi yang jauh lebih tinggi.
  • Jauhkan juga router dari berbagai benda elektronik yang lainnya yang memiliki pengaruh buruk, karena memang mampu menghantarkan semua gelombang elektromagnetik yang bisa mengacaukan semua sinyal WiFi.

Dengan memindahkan posisi router wifi, Anda bisa mendapatkan sinyal wifi jauh lebih bagus lagi sehingga Anda bisa berselancar dengan nyaman.

2.Mengubah Antena Router Ke Posisi Yang Berbeda

Jika Anda perhatikan, biasanya router WiFi akan memiliki dua antena yang disimpan pada bagian belakangnya.

Untuk bisa memaksimalkan sinyal yang nantinya dipancarkan, Anda bisa mengubah arah pada salah satu antena ke posisi lainnya, sehingga dari masing-masing antena bisa meng-cover semua sudut ruangan.

Jika memang salah satu antena terlihat mengarah ke atas, Anda bisa coba mengarahkan antena yang lainnya ke posisi arah samping.

Dengan mengubah posisi antenna Anda, Anda bisa mendapatkan sinyal wifi lebih baik dibandingkan sebelumnya, pasalnya antenna wifi memiliki peran penting saat mengirimkan data kepada para pengguna wifi.

3. Merubah DNS Di Komputer

DNS atau singkatan dari Domain Name System adalah sebuah protokol yang memang memiliki fungsi didalam menerjemahkan sebuah halaman situs ke dalam alamat IP.

Sayangnya, halaman web tentunya dari waktu ke waktu akan mengalami begitu banyak perubahan dan juga membuat DNS bekerja dengan keras saat memuatnya.

Metode untuk mengubah DNS alternatif dianggap bisa mempercepat kecepatan internet hingga sebesar 20% dibandingkan jika Anda menggunakan DNS default.

Berikut langkah-langkahnya.

  • Bukalah pengaturan Network & Internet Settings. Di tampilan desktop Windows Anda tinggal mengklik kanan di ikon Network yang terlihat berada di bagian kanan dan juga buka pengaturan Open Network & Internet settings.
  • Di bagian jendela Network dan juga Internet, Anda tinggal menuju pada bagian bawah dan juga klik di bagian Network and Sharing Center.
  • Setelah itu, akan muncul lagi jendela menu Network and Sharing Center dan di sini juga Anda hanya tinggal mengklik di pengaturan WiFi Connection yang berada di bagian kanan layar.
  • Lalu nantinya akan muncul jendela WiFi Status yang akan memperlihatkan statusnya dari jaringan internet yang tengah Anda gunakan.
  • Di sini juga Anda tinggal mengklik menu Properties yang terletak pada bagian bawah.
  • Anda nantinya akan dialihkan lagi pada jendela WiFi Properties. Di item yang berada di kotak bagian tengah, Anda tinggal cari dan pilih menu Internet Protocol Version 4 (TCP/IPv4).
  • Jika memang sudah ter-highlight, Anda tinggal mengklik Properties.
  • Di window Internet Protocol Version 4, Anda hanya tinggal memilih pilihan Use the following DNS server addresses: yang terlihat berada pada bagian bawah.
  • Memasukkan OpenDNS alternative dan Preferred DNS server: 208.67.222.222 dan juga Alternate DNS server: 208.67.222.220.
  • Jika memang sudah, Anda hanya tinggal klik OK saja dan untuk bisa mendapatkan hasil yang lebih maksimal Anda tinggal melakukan restart PC ataupun laptop Anda.

Selain menggunakan cara open DNS, Anda juga bisa menggunakan DNS 1.1.1.1 yang digadang-gadang memiliki kecepatan hingga 10x lebih cepat.

Lupa Password Wifi? Simak Cara Melihat Password Wifi Baik di PC maupun Android

Cara Menguatkan Sinyal Wifi Di Android

Cara memperkuat sinyal WiFi yang selanjutnya bisa Anda lakukan di Android, caranya cukup mudah dan bisa Anda lakukan sendiri tanpa harus membuang banyak waktu.

1. Menggunakan Setting Bawaan

Bahkan tanpa menggunakan aplikasi tambahan pun, Anda bisa menambah kecepatan jaringan dengan menggunakan pengaturan bawaan yang memang sudah disediakan HP Android Anda. Berikut langkah-langkahnya.

  • Langkah yang pertama, Anda harus pergi ke bagian menu Settings, setelah itu pilihlah opsi WiFi untuk bisa membuka pengaturan pada jaringan WiFi yang ada pada HP Android Anda.
  • Setelah itu geser ke bawah hingga nantinya menemukan pilihan Advanced settings untuk mendapatkan pengaturan yang lebih dalam mengenai koneksi WiFi Anda.
  • Di sini juga Anda bisa mengatur optimasi pada jaringan WiFi di opsi WiFi assistant dan juga WiFi speed mode.
  • Setelah itu buka pengaturan pada WiFi assistant dan aktifkan agar bisa secara otomatis berganti dari sebelumnya jaringan WiFi berubah ke paket data jika koneksi sedang terlihat buruk ataupun lemot.
  • Anda juga bisa mengaktifkan opsi Show data usage warning agar memberikan informasi mengenai penggunaan internet dan menggunakan paket data.
  • Anda juga bisa menambah kecepatan WiFi pada Android Anda dengan cara mengaktifkan pilihan WiFi speed mode untuk nantinya memberikan prioritas bandwith di aplikasi tertentu.
  • Pada bagian ini ada pilihan Regular mode untuk bisa membagi bandwith antara aplikasi yang sedang berjalan di foreground dan juga background dengan merata.
  • Terdapat juga pilihan Extreme mode yang nantinya akan mengutamakan bandwith di aplikasi yang berjalan pada foreground. Sementara beberapa aplikasi yang berada di background kemungkinan besar tak akan bisa mengakses internet sementara waktu.

Itulah cara menambah kecepatan Wifi di Android tanpa menggunakan aplikasi.

2. Menggunakan Aplikasi Wifi Switcher

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk bisa mendapatkan jaringan WiFi dengan memiliki kualitas sinyal yang sangat maksimal.

Anda bisa menggunakan aplikasi bernama WiFi Switcher yang dibuat oleh developer Cloudie Development yang tentunya bisa Adna gunakan tanpa harus akses root. Berikut langkah-langkahnya.

  1. Langkah pertama,Anda harus menginstall aplikasi WiFi Switcher yang bisa Anda dapatkan di beberapa situs penyedia link.
  2. Bukalah aplikasi WiFi Switcher yang sudah Anda install dan awalnya Anda akan dimintai memberikan izin untuk mengakses lokasi tempat Anda menggunakan handphone. Anda tinggal mengetuk pilihan Allow.
  3. Lakukanlah langkah berikutnya hingga masuk ke dalam tampilan utama aplikasi WiFi Switcher.
  4. Setelah itu Anda bisa terlebih dulu mengatur pengaturan jaringan WiFi yang diutamakan terkoneksi lebih dulu.
  5. Untuk bisa mengaturnya, Anda tinggal mengaktifkan tanda ceklist di bagian Preferred di setiap jaringan WiFi yang akan ditampilkan. Pastikan juga WiFi itu yang biasa Anda akses.
  6. Anda juga akan bisa melakukan pengaturan yang lebih lanjut pada aplikasi WiFi Switcher dengan cara tap ikon di tiga titik yang berada di sebelah kanan atas dan juga pilih opsi Settings.
  7. Di sini juga Anda hanya tinggal menetapkan batas minimal dari kekuatan jaringan WiFi yang Anda anggap lemot.
  8. Setelah itu, Anda juga bisa mengaktifkan pilihan Ask Before Switching untuk bisa memberikan notifikasi penggantian WiFi dan juga Run in Foreground untuk bisa mencegah aplikasi yang tertutup karena sistem di handphone Anda.

Dengan menggunakan aplikasi ini, Anda tidak akan disulitkan lagi dengan sinyal wifi yang buruk sehingga bisa berselancar dengan nyaman.

Itulah beberapa cara memperkuat sinyal WiFi yang bisa Anda lakukan sendiri agar terhindar dari masalah yang membuat Anda kesulitan saat berselancar di dunia maya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here