8 Cara Mengatasi HP Tidak Bisa Melakukan Panggilan Keluar

Posted on

Di jaman ini, komunikasi bisa dilakukan dengan lebih efisien berkat hadirnya teknologi seperti HP. Karena kemudahan itu, kini banyak hal-hal penting seperti urusan pekerjaan membutuhkan komunikasi jarak jauh lewat HP. Namun, jika ponsel yang Anda gunakan tidak bisa melakukan panggilan keluar, hal itu pastinya akan sangat mengganggu.

Terlebih jika komunikasi yang butuh untuk dilakukan merupakan hal yang sangat penting atau darurat. Untuk itu, di bawah ini akan kami jabarkan cara-cara yang bisa dilakukan ketika HP tidak bisa melakukan panggilan keluar.

 

Daftar Cara Mengatasi HP Tidak Bisa Melakukan Panggilan Keluar

Masalah ini memang dapat terjadi di HP siapa saja, namun sumber masalahnya bisa jadi berbeda-beda. Di bawah ini akan kami jabarkan berbagai cara mengatasi HP tidak bisa melakukan panggilan keluar berdasarkan sumber masalah masing-masing.

1. Settingan Ponsel Sedang Dalam Mode 4G Only

Settingan-Ponsel-Sedang-Dalam-Mode-4G-Only

Untuk para pengguna smartphone, hal yang satu ini mungkin saja terjadi. Namun untuk kasus ini sebetulnya tergantung dari HP masing-masing pengguna. Karena tidak semua HP yang mengaktifkan mode 4G only tidak dapat melakukan panggilan keluar. Untuk itu, menonaktifkan mode ini adalah solusi yang bisa Anda coba lebih dulu. Ikuti langkah berikut untuk menonaktifkan mode ini:

  1. Buka menu Setting pada ponsel Anda
  2. Lalu pilih menu Network
  3. Kemudian pilih kartu SIM yang digunakan untuk mengakses internet
  4. Jika sudah, non-aktifkan mode 4G only

2. Atur Settingan Jaringan Prioritas

Atur-Settingan-Jaringan-Prioritas

HP tidak bisa melakukan panggilan keluar bisa jadi disebabkan oleh mode jaringan prioritas yang dipilih pada pengaturan di perangkat smartphone Anda. Namun sebelum berspekulasi bahwa hal ini adalah sumber masalahnya, Anda sebaiknya periksa dahulu jumlah pulsa Anda. Karena tidak menutup kemungkinan percobaan panggilan keluar gagal karena jumlah pulsa yang tidak mencukupi.

Periksa juga masa berlaku kartu SIM Anda, karena jumlah pulsa yang cukup akan percuma jika nomor yang Anda gunakan sudah memasuki masa tenggang. Jika sudah, Anda bisa mulai memeriksa jaringan prioritas di perangkat Anda. Ikuti langkah berikut:

  1. Buka menu Setting
  2. Lalu pilih menu Saluran
  3. Jika sudah, buka menu Tipe Jaringan Prioritas
  4. Periksa apakah perangkat Anda memilih jaringan LTE sebagai jaringan prioritas. Jika iya, ganti terlebih dahulu jaringan prioritas menjadi jaringan 2G ataupun 3G
  5. Jika sudah, Anda bisa mulai mencoba melakukan panggilan keluar.

3. Periksa Apakah Anda Mengaktifkan Mode Pembatasan Panggilan

Jika Anda menentukan nomor panggilan tetap serta mengaktifkan fitur pembatasan panggilan, hal itu bisa menjadi hal yang membuat Anda gagal dalam melakukan panggilan keluar ke nomor tertentu. Untuk mengatasinya, Anda bisa ikuti langkah berikut:

  1. Buka menu Setting pada perangkat Anda
  2. Lalu pilih menu Aplikasi Sistem
  3. Masuk ke menu PanggilanMasuk-ke-menu-Panggilan
  4. Lalu akan muncul berbagai pilihan menu, pilih menu Pengaturan Panggilan Operator
  5. Kemudian pilih menu Nomor Panggilan Tetap. Pada menu ini, Anda dapat menghapus nomor-nomor tertentu serta mengaktifkan fitur ini
  6. Jika sudah, keluar dari menu tersebut dan masuk ke menu Pembatasan Panggilan. Periksa apakah Anda mengaktifkan fitur ini. Jika iya, nonaktifkan fitur tersebutJika-sudah-keluar-dari-menu-tersebut-dan-masuk-ke-menu-Pembatasan-Panggilan
  7. Lalu Anda bisa coba melakukan panggilan keluar.

 

4. Bersihkan Data Riwayat Panggilan

Salah satu penyebab HP tidak bisa melakukan panggilan keluar bisa jadi karena memori ponsel yang sudah terlalu penuh. Untuk itu, Anda bisa menghapus aplikasi-aplikasi yang tidak terpakai. Selain itu, Anda juga bisa membersihkan data riwayat panggilan pada ponsel Anda. Untuk melakukannya, ikuti langkah di bawah ini:

  • Buka menu Setting
  • Kemudian pilih menu Apps
  • Lalu akan muncul ke halaman baru dengan berbagai pilihan menu, pilih menu Panggilan

Lalu-akan-muncul-ke-halaman-baru-dengan-berbagai-pilihan-menu-pilih-menu-Panggilan

  • Di dalam menu tersebut, Anda menu yang bertuliskan Clear Data. Tekan menu tersebut untuk membersihkan data riwayat panggilan

Di-dalam-menu-tersebut-Anda-menu-yang-bertuliskan-Clear-Data-scaled

  • Setelah itu, Anda bisa me-reboot ponsel Anda
  • Kemudian cobalah melakukan panggilan keluar.

 

5. Kartu SIM Tidak Terdeteksi

Masalah yang satu ini bisa jadi disebabkan oleh kerusakan pada ponsel maupun pada kartu SIM yang bersangkutan. Jika hal ini terjadi, ponsel yang Anda gunakan tidak akan tersambung oleh layanan dari provider kartu SIM Anda. Untuk itu Anda bisa memeriksa apakah kartu SIM rusak atau tidak, ikuti langkah berikut:

  • Keluarkan kartu SIM dari ponsel Anda

Keluarkan-kartu-SIM-dari-ponsel-Anda

  • Periksa apakah ada kerusakan pada kartu SIM tersebut
  • Anda juga bisa membersihkan chip pada kartu SIM Anda
  • Jika sudah dibersihkan, Anda bisa melakukan tes untuk mengetahui rusak atau tidaknya kartu SIM dengan cara memasukkannya ke slot kartu SIM di ponsel lain

Jika-sudah-dibersihkan-Anda-bisa-melakukan-tes-untuk-mengetahui-rusak-atau-tidaknya-kartu-SIM

  • Jika kartu SIM terdeteksi pada ponsel lain, itu artinya masalahnya ada pada ponsel Anda
  • Namun jika ponsel lain juga tidak bisa mendeteksi kartu SIM, Anda hendaknya membeli dan mendaftar nomor baru

Namun-jika-ponsel-lain-juga-tidak-bisa-mendeteksi-kartu-SIM-Anda-hendaknya-membeli-dan-mendaftar-nomor-baru

 

6. Periksa Mode Pesawat

Periksa-Mode-Pesawat

Mode pesawat merupakan mode yang membuat perangkat membatasi sinyal yang terhubung. Sehingga jika mode pesawat pada perangkat Anda aktif, HP tidak bisa melakukan panggilan keluar. Untuk menonaktifkannya, ikuti langkah berikut:

  1. Buka menu Setting
  2. Kemudian pilih Menu Lainnya
  3. Lalu akan muncul berbagai pilihan menu, termasuk Mode Pesawat. Di sebelahnya, terdapat ikon berbentuk bulat. Jika ikon tersebut berwarna biru, itu artinya mode pesawat pada perangkat Anda dalam status aktif
  4. Tekan ikon tersebut hingga bergeser ke kiri dan berubah menjadi warna putih. Jika sudah, itu artinya mode pesawat telah diaktifkan
  5. Kemudian cobalah lakukan panggilan keluar.

 

7. Pastikan Bahwa Kartu SIM Anda Telah Terdaftar

Pastikan-Bahwa-Kartu-SIM-Anda-Telah-Terdaftar

Jika Anda membeli kartu SIM baru, Anda diharuskan untuk melakukan pendaftaran terlebih dahulu. Layanan yang disediakan provider yang Anda gunakan baru dapat diakses melalui ponsel Anda setelah kartu SIM terdaftar dengan benar. Untuk itu, pastikan bahwa Anda melakukan proses pendaftaran dengan benar.

Jika perlu, cobalah lakukan registrasi ulang. Anda juga bisa memeriksa ke operator kartu SIM Anda apakah nomor Anda telah terdaftar atau belum. Cara untuk melakukan ke dua hal tersebut berbeda-beda setiap berdasarkan providernya. Anda bisa melihat caranya di belakang bungkus kartu SIM provider pilihan Anda.

 

8. Jaringan Provider Mengalami Masalah

Jaringan-Provider-Mengalami-Masalah

Tak bisa dipungkiri, bisa jadi salah satu penyebab HP tidak bisa melakukan panggilan keluar ialah karena jaringan lokal dari provider yang Anda gunakan sedang mengalami gangguan. Jika hal ini terjadi, semua pengguna provider tersebut yang menggunakan ponsel di lokasi yang terkena dampak gangguan tidak akan bisa atau terhambat untuk mendapatkan sinyal.

Untuk itu, Anda bisa mencari tahu apakah jaringan dari provider sedang mengalami masalah atau tidak. Anda bisa menelpon langsung operator provider terkait. Anda juga bisa mencari tahu melalui akun media sosial provider tersebut. Jika provider memang sedang mengalami gangguan, Anda perlu menunggu hingga gangguan tersebut di atasi.

Komunikasi jarak jauh menggunakan HP merupakan hal yang lumrah dilakukan pada masa sekarang. Karena Anda pastinya memiliki berbagai keperluan yang mengharuskan Anda untuk melakukan komunikasi jarak jauh. Jika HP tidak bisa melakukan panggilan keluar secara tiba-tiba, Anda bisa mengikuti cara-cara yang kami bagikan di atas untuk mengatasinya.

 

Lihat Juga Tutorial Lainnya :

  1. Cara Flash Lenovo A850 (100% Bootloop Fix) (GAMPANG)
  2. APN Smartfren Tercepat Unlimited, 4G LTE, Gaming, Medsos, Youtube
  3. 4 Cara Memperbaiki Printer dengan Service Tool 3400 (Mudah)
  4. (Berhasil) Cara Flash Huawei Y336-U02 Mudah via SP Flash Tool
  5. Cara Flash ASUS Z007 (Mati Total, Bootloop, Dll) Paling Jelas
  6. 2 Cara Flash Vivo Y15 via SP FlashTool & Tanpa PC (SD Card)