(Berhasil) Cara Flash Huawei Y336-U02 Mudah via SP Flash Tool

Posted on

Install ulang firmware diperlukan saat ponsel mengalami kerusakan sistem. Proses ini dikenal dengan istilah flashing. Tindakan ini diberlakukan pada perangkat yang seringkali mengalami hang, error, aplikasi berhenti tiba-tiba, bootloop, dan lain-lain.

Setiap ponsel tentunya berpotensi mengalami kerusakan sistem tersebut. Termasuk ponsel Huawei Y336-U02. Tidak perlu khawatir, Anda bisa melakukan flashing sendiri meskipun baru pertama kali mencoba. Berikut ulasan cara Flash Huawei Y336-U02 yang bisa diikuti.

Mengapa Huawei Y336-U02 Perlu Install Ulang Firmware (Flashing)?

Mengapa-Huawei-Y336-U02-Perlu-Install-Ulang-Firmware

Pada dasarnya, flashing merupakan pembaruan firmware. Hal yang perlu Anda ingat adalah flashing dapat menyebabkan data pada perangkat terhapus seluruhnya. Mirip seperti ketika Anda mengembalikan ponsel ke pengaturan pabrik.

Oleh karena itu, sebaiknya back up data penting terlebih dahulu ke SD Card atau media penyimpanan lainnya.

Apabila ponsel Anda mengalami kerusakan sistem ringan sebaiknya tidak biarkan begitu saja. Hal ini dapat memicu kerusakan lainnya. Jika Anda ingin ponsel Huawei Y336-U02 berfungsi normal lagi, solusi yang tepat adalah melakukan flashing.

Lakukanlah install ulang firmware/ROM jika ponsel Huawei Y336-U02 Anda mengalami kerusakan sistem berikut :

  • Hang
  • Soft brick
  • Hard brick
  • App close forced
  • Bootloop mentok di logo Huawei dan vendor Android
  • Lupa kata sandi atau pola
  • Layar sentuh kurang sensitif
  • Ponsel terkena malware atau virus
  • Terdapat peringatan “Unfortunately messages has stopped”
  • Aplikasi sering keluar sendiri
  • Sering booting secara tiba-tiba
  • Dan lain-lain.

Tools yang Dibutuhkan untuk Flashing

Flashing merupakan metode yang tepat untuk memperbaiki kerusakan sistem. Namun, sebenarnya Anda bisa melakukan hard reset terlebih dahulu sebelum flashing. Melakukan hard reset relatif lebih mudah dilakukan.

Pengguna hanya tinggal menekan kombinasi tombol dan volume sampai masuk ke menu recovery mode. Setelah itu pilih opsi factory reset atau wipe data. Namun, cara ini hanya sebagai percobaan awal.

Kerusakan sistem pada ponsel Android pada umumnya lebih ampuh diperbaiki dengan flashing. Sebelum melakukan update firmware, siapkanlah perangkat PC/laptob beserta kabel USB. Metode flashing ini menggunakan flash tool sehingga mengharuskan Anda mengoperasikannya di desktop.

Selain itu, perangkat Huawei Y336-U02 juga perlu dihubungkan ke PC untuk memulai proses flashing. Sedangkan file yang harus dipersiapkan adalah sebagai berikut :

1. Firmware/Stock ROM

Firmware-Stock-ROM

Firmware pada ponsel Android merupakan perangkat bawaan dari OS tersebut. Namun, tren custom ROM semakin diminati sebagai sarana menambah performa sebuah ponsel. Bagi Anda yang senang mengotak atik ponsel lama, mungkin sudah tidak asing dengan istilah firmware/stock ROM.

Salah satu penyebab kerusakan sistem pada ponsel Huawei Y336-U02 adalah kesalahan penggunaan firmware. Seperti yang sudah disebutkan di atas, sebuah firmware merupakan bawaan dari vendor Android.

Custom ROM yang tidak sesuai dengan tipe ponsel dapat menyebabkan HP error lebih parah. Oleh karena itu, berikut firmware yang sesuai untuk Huawei Y336-U02.

Download Firmware Huawei Y336-U02

 

2. USB Driver

USB-Driver

File yang perlu dipersiapkan selanjutnya dalam cara flash Huawei Y336-U02 adalah driver. Selain memudahkan penggunanya melakukan transfer data, USB Driver juga berguna untuk melakukan flashing. Berikut driver yang sesuai untuk melakukan flashing Huawei Y336-U02 :

Download USB Driver Android Huawei Y336-U02

3. Flash Tool

Flash-Tool

Flash tool yang banyak digunakan saat melakukan install ulang firmware adalah Smartphone (SP) Flash Tool. Aplikasi ini berguna untuk melakukan instalasi dan flashing Stock ROM/firmware, Custom Recovery, dan menyelesaikan kerusakan sistem seperti bootloop, unbrick, dan lain-lain.

Terdapat berbagai versi SP Flash Tool. Namun, sebaiknya Anda menggunakan versi terupdate agar proses flashing berjalan lancar.

Download SP (Smartphone) Flash Tool

 

Cara Flash Huawei Y336-U02 dengan SP Flash Tool 

Setelah menyiapkan perangkat dan file yang dibutuhkan, kini saatnya melakukan flashing. Sebaiknya ekstraksi terlebih dahulu file-file tersebut. Selanjutnya perhatikan langkah-langkah cara flash Huawei Y36-U02 berikut ini :

  1. Pastikan daya baterai ponsel cukup untuk berlangsungnya proses flashing. Minimal baterai terisi 60%, namun sebaiknya Anda melakukan full charging terlebih dulu.
  2. Matikan ponsel Huawei Y336-U02 yang akan di-flashing. Matikan-ponsel-Huawei-Y336-U02-yang-akan-di-flashing
  3. Install USB Driver yang sudah diunduh pada desktop Anda.
  4. Jalankan aplikasi SP Flash Tool dengan klik kanan, kemudian pilih opsi Run as administrator.
  5. Pada tampilan awal menu, pilih Scatter File.
  6. Kemudian klik menu Scatter Loading. Pada-tampilan-awal-menu-pilih-Scatter-File
  7. Klik opsi Download Agent pada menu SP Flash Tool.
  8. Selanjutnya, cari folder dengan nama
  9. Klik
  10. Hubungkan perangkat Huawei Y336-U02 ke PC/laptop menggunakan kabel data/USB.
  11. Tunggu sampai perangkat terdeteksi di desktop Anda.
  12. Tekan tombol volume down + volume up secara bersamaan agar perangkat dapat terkoneksi dengan cepat.
  13. Ketika folder Android_Scatter telah dipilih, selanjutnya mulai proses flashing dengan klik Download.
  14. Biasanya, proses flashing yang sedang berlangsung ditandai dengan indikator bagian bawah aplikasi SP Flash Tool. Indikator tersebut bergerak dan berganto warna dari warna merah sampai kuning. Tunggu sampai proses ini selesai 100%.
  15. Setelah proses flashing selesai, akan muncul notifikasi pada layar yaitu tulisan Download OK. Setelah-proses-flashing-selesai-akan-muncul-notifikasi-pada-layar-yaitu-tulisan-Download-OK
  16. Proses flashing telah selesai, biasanya ponsel akan melakukan reboot dengan sendirinya. Jika tidak terjadi secara otomatis, Anda bisa melakukan reboot secara manual.
  17. Rebooting ponsel Huawei Y336-U02 yang baru selesai di-flashing biasanya memakan waktu yang lebih lama, yaitu sekitar 5-10 menit. Hal ini terjadi karena sistem ponsel sedang menyesuaikan stock ROM yang telah diperbarui.
  18. Ponsel akan menyala dan Anda biasanya akan diminta melakukan setting wizard.
  19. Selamat, ponsel Huawei Y336-U02 Anda sudah dapat berfungsi normal kembali.

 

Cara Mencegah Kerusakan Sistem Ponsel Huawei Y336-U02

Setelah berhasil melakukan flashing, ponsel Anda pun sudah dapat berfungsi kembali. Jika sudah demikian, sebaiknya penggunaan ponsel perlu diperhatikan agar tidak terjadi kerusakan sistem lagi. Oleh karena itu, simaklah cara-cara mencegah kerusakan sistem pada ponsel di bawah ini :

1. Tidak Menggunakan Ponsel yang Sedang Dicharge

Tidak-Menggunakan-Ponsel-yang-Sedang-Dicharge

Meski terkesan sepele, sebaiknya hal ini tetap dilakukan. Apalagi jika hal yang dilakukan tidak urgent, lebih baik menunggu sampai baterai terisi penuh 100%. Meski sebenarnya tidak menyebabkan kerusakan pada baterai, efeknya justru bisa ke sistem dalam ponsel.

2. Jangan Melepas Baterai Saat Ponsel Menyala

Jangan-Melepas-Baterai-Saat-Ponsel-Menyala

Hal ini seringkali diabaikan beberapa pengguna ponsel. Padahal, hanya butuh waktu beberapa detik saja untuk mematikan ponsel sebelum melepas baterainya. Kedengarannya memang sepele, namun jika terus menerus dilakukan, efeknya bisa membuat sistem ponsel error.

Oleh karena itu, hindari terlalu sering melepas baterai saat ponsel masih menyala. Melakukan hal tersebut sama saja memaksakan OS tertutup secara tiba-tiba.

3. Berhati-hati ketika Download dan Install Aplikasi

Berhati-hati-ketika-Download-dan-Install-Aplikasi

Bagi Anda yang senang mendownload berbagai jenis aplikasi, sebaiknya lebih berhati-hati. Terkadang, pengguna tidak tahu mengenai detail aplikasi bisa merusak sistem atau tidak. Penting untuk melihat informasi mengenai aplikasi sebelum memasangnya di ponsel Anda.

4. Memasang Aplikasi Antivirus

Memasang-Aplikasi-Antivirus

Saat ini, aplikasi antivirus tidak hanya untuk PC/laptop saja. Sudah banyak vendor yang merilis antivirus untuk smartphone Android. Anda mendapatkannya Google PlayStore secara praktis. Oleh karena itu, tidak ada alasan untuk tidak memproteksi perangkat dari kerusakan sistem.

Cara flash Huawei Y336-U02 di atas bisa Anda coba agar ponsel bisa berfungsi kembali. Persiapkanlah tools dan file yang dibutuhkan agar proses flashing berlangsung lancar.

Selain itu, perhatikan saat dimana Anda perlu mematikan dan menghidupkan ponsel saat hendak melakukan flashing.

 

Lihat Juga Tutorial Lainnya :

  1. Cara Flash ASUS Z007 (Mati Total, Bootloop, Dll) Paling Jelas
  2. 2 Cara Flash Vivo Y15 via SP FlashTool & Tanpa PC (SD Card)
  3. 2 Cara Mendaftarkan Alamat di Google Maps dengan Mudah
  4. 2 Cara Flash Advan S4X (100% Berhasil Untuk Pemula)
  5. 6 Cara Cepat Ganti Background Foto Secara Online (Otomatis)
  6. 20 Aplikasi Edit Video Android Ringan dan Mudah Digunakan