Cara Flash Lenovo A850 (100% Bootloop Fix) (GAMPANG)

Posted on

Ponsel mengalami bootloop seringkali membuat penggunanya buru-buru membawanya ke tempat service. Bagi yang memiliki dana lebih, terkadang juga langsung menggantinya dengan smartphone baru. Padahal, jika mengetahui penyebab dan cara memperbaikinya, ponsel bisa kembali pulih lho.

Termasuk pada smartphone Lenovo A850 yang mengalami beberapa kerusakan sistem. Misalnya ketika hendak menghidupkannya, tampilan layar justru stuck dengan logo Lenovo atau Android. Cara flash Lenovo A850 berikut ini bisa menjadi solusi jitu untuk mengatasinya.

Mengapa Lenovo A850 Mati Total?

Mengapa-Lenovo-A850-Mati-Total

Hal ini seringkali terjadi, penyebab utamanya adalah kesalahan penggunaan firmware. Dengan kata lain, firmware yang digunakan tidak sesuai dengan tipe ponsel. Padahal, salah satu hal utama yang perlu dipersiapkan untuk flashing adalah firmware yang tepat.

Jika tidak sesuai, kerusakan sistem pada ponsel bisa semakin parah. Mungkin sebelumnya Lenovo A850 Anda mengalami hang, bootloop, atau aplikasi yang keluar sendiri saat dijalankan. Namun, karena menggunakan firmware yang tidak sesuai, alhasil ponsel mati total.

Tidak perlu khawatir, Anda bisa coba mengatasinya sendiri tanpa harus mengganti spare part yang tentu harganya lebih mahal. Anda bisa melakukan flash ulang dengan cara yang tepat sampai ponsel kembali normal.

 

Spare part ponsel keluaran lama saat ini relatif sulit ditemukan. Melakukan flashing menjadi salah satu solusi yang dapat dicoba. Anda tidak perlu menjadi teknisi handal untuk melakukannya, cukup mengikuti langkah-langkah flashing dengan tepat.

Kesalahan menggunakan firmware memang seringkali terjadi. Terutama bagi pemula yang pertama kali melakukan flashing sendiri. Pada dasarnya, hal tersebut terbilang wajar apabila Anda baru mencoba satu kali.

Hal ini karena stock ROM yang tersedia di internet memang banyak sekali. Oleh karena itu, Anda perlu teliti saat hendak menggunakannya. Pastikan stock ROM yang didownload sesuai dengan tipe ponsel yang ingin di-flashing.

 

Persiapan Sebelum Flashing Lenovo A850

Tentunya, Anda tidak ingin membuang-buang waktu ketika melakukan flashing. Salah satu rahasia proses install ulang firmware yang berhasil adalah persiapan file yang tepat. Sebaiknya, buatlah folder khusus berisi beberapa file yang disiapkan untuk proses flashing ini.

Namun, tidak perlu khawatir saat percobaan flashing pertama belum berhasil. Seperti yang telah disebutkan di atas, hal tersebut bisa jadi karena kesalahan penggunaan firmware atau stock ROM. Oleh karena itu, persiapkanlah file-file di bawah ini sebelum melakukan flash ulang :

1. Stock ROM/Firmware

Stock-ROM-Firmware

Stock ROM atau ROM (Read Only Memory) merupakan perangkat bawaan dari ponsel Android. Jadi, untuk setiap ponsel Android, tentu memiliki ROM atau firmware yang berbeda. Apabila Anda menggunakan firmware ponsel lain, tentunya proses flashing tidak bisa dilakukan.

Lenovo A850 sendiri dilengkapi OS Android Jelly Bean, oleh karena itu, Anda perlu menyesuaikannya ketika ingin melakukan custom ROM maupun flash ulang. Jika firmware yang digunakan tidak sesuai, ponsel justru mengalami disfungsional sampai mati total.

Penting untuk setiap pengguna mencari Stock ROM yang tepat sesuai tipe ponsel.

Berikut file firmware Lenovo A850 yang bisa Anda gunakan :

  1. Firmware Lenovo A850 (versi 1)
  2. Firmware Lenovo A850 (versi 2)
  3. Firmware Lenovo A850 (versi 3)

Mengapa ada beberapa versi? Hal ini sebagai solusi jika proses flash pertama gagal. Oleh karena itu, bisa jadi firmware kedua atau ketiga yang cocok digunakan.

2. Flash Driver

Flash-Driver

Flash driver berguna untuk media pertukaran file. Selain itu, tools sangat berguna saat hendak menginstall ulang firmware. Cara flash Lenovo A850 tidak bisa dilakukan tanpa sebuah driver.

Oleh karena itu gunakanlah driver yang sesuai dengan prosesor yang digunakan ponsel Anda. Lenovo A850 menggunakan CPU Mediatek MT6582MCPU Quadcore 1.3 Ghz.

Untuk proses flashing kali ini, siapkanlah flash driver sebagai berikut :

NamaMediatek Driver Autoinstaller
Ukuran file9.56 MB
Ekstensi.zip
Compatible OSWindows

Cara Menginstall Mediatek Driver Auto Installer:

Flash driver ini menjadi komponen penting yang tidak boleh dilewatkan. Bagi yang sudah pernah melakukan custom ROM, mungkin aplikasi ini sudah tidak asing lagi. Namun, bagi Anda yang pertama kali melakukannya, sebaiknya perhatikan langkah-langkah berikut ini :

  1. Download Mediatek Driver Auto Installer melalui tautan yang disediakan.
  2. Ekstrak file tersebut di PC/laptop Anda. Ekstrak-file-tersebut-di-PC-laptop-Anda
  3. Setelah diekstrkasi, akan terdapat beberapa file yang terpisah.
  4. Pilih file Instal Drivers.bat untuk membuka pengaturan driver. Pilih-file-Instal-Drivers-bat-untuk-membuka-pengaturan-driver
  5. Pada tampilan Pengaturan Driver, tekan tombol apa saja untuk memulai proses instalasi.
  6. Selanjutnya, akan muncul pemberitahuan bahwa instalasi driver sudah selesai.
  7. Tutup tampilan tersebut dengan menekan tombol apa saja.
  8. Restart PC/laptop Anda.
  9. Flash driver sudah siap digunakan untuk flashing.

 

3. Smartphone Flash Tool (SP Flash Tool)

Smartphone-Flash-Tool-SP-Flash-Tool

SP Flash Tool (Smart Phone Flash Tool) merupakan aplikasi yang digunakan untuk menginstall ulang Stock ROM/Firmware, Custom ROM, dan mengatasi beberapa disfungsi sistem Android. Misalnya bootloop, unbrick, force close, dan lain-lain.

Memperbaiki sistem pada ponsel tidak bisa lepas dari tools ini. SP Flash Tool terus diperbarui demi membantu pengguna memperbaiki kesalahan sistem. Anda bisa menyesuaikannya dengan kebutuhan. Namun, disarankan menggunakan SP Flash Tool yang paling update.

SP Flash Tool sangat membantu dalam proses flashing Android dengan Mediatek. Cara flash Lenovo A850 membutuhkan tools ini ketika menginstall ulang firmware.

 

Langkah-langkah Flashing Lenovo A850

Setelah menyiapkan file-file yang dibutuhkan, cara flash Lenovo A850 selanjutnya adalah memulai proses flashing. Perhatikan langkah-langkah berikut dengan seksama :

  • Download dan install Mediatek Driver Autoinstaller di PC/laptop Anda. Jika driver ini sudah tersedia di desktop, Anda bisa melewati langkah ini.
  • Ekstrak firmware Lenovo A850 yang telah didownload.
  • Download dan install SP Flash Tool, kemudian jalankan aplikasi tersebut.
  • Pada tampilan utama, klik opsi Scatter Loading. Pada-tampilan-utama-klik-opsi-Scatter-Loading
  • Cari dan temukan file Stock ROM/firmware yang sudah didownload.
  • Hapus centang yang terdapat pada
  • Klik pilihan Download untuk memulai proses flashing, tunggu sampai selesai. Klik-pilihan-Download-untuk-memulai-proses-flashing-tunggu-sampai-selesai
  • Hubungkan ponsel Lenovo A850 ke desktop dengan kabel USB, pastikan ponsel dalam keadaan mati.
  • Nyalakan kembali ponsel dengan menekan tombol volume atas dan bawah secara bersamaan. Hal ini dilakukan agar SP Flash Tool dapat mendeteksi perangkat Anda.
  • Setelah PC/laptop mendeteksi perangkat, proses flashing akan berlangsung otomatis.
  • Tunggu beberapa saat sampai proses ini selesai, biasanya hanya memakan waktu 5 menit atau lebih.
  • Proses flashing selesai ditandai dengan munculnya notifikasi ceklis hijau. Proses-flashing-selesai-ditandai-dengan-munculnya-notifikasi-ceklis-hijau
  • Tutup aplikasi flash tool, lalu cabut koneksi ponsel dengan desktop.
  • Install ulang firmware/flashing telah selesai, ponsel Anda sudah kembali berfungsi normal.

 

Memperbaiki ponsel bootloop pada dasarnya bisa Anda lakukan sendiri di rumah. Namun, pengguna harus benar-benar memperhatikan cara-cara flash Lenovo A850 dengan seksama. Pastikan Anda mematikan perangkat terlebih dahulu sebelum menghubungkannya ke desktop.

Hal ini dilakukan untuk mencegah kerusakan sistem yang lebih parah. Selain itu, perhatikan pula firmware yang hendak didownload. Anda harus mengundung stock ROM yang sesuai dengan tipe perangkat yang digunakan.

 

 

Lihat Juga Tutorial Lainnya :

  1. APN Smartfren Tercepat Unlimited, 4G LTE, Gaming, Medsos, Youtube
  2. 4 Cara Memperbaiki Printer dengan Service Tool 3400 (Mudah)
  3. (Berhasil) Cara Flash Huawei Y336-U02 Mudah via SP Flash Tool
  4. Cara Flash ASUS Z007 (Mati Total, Bootloop, Dll) Paling Jelas
  5. 2 Cara Flash Vivo Y15 via SP FlashTool & Tanpa PC (SD Card)
  6. 2 Cara Mendaftarkan Alamat di Google Maps dengan Mudah